Pemikat Para Pengembara Air Terjun Tanjung Raja

Air Terjun Tanjung Raja berada di Dusun Gunung Meriah, Kecamatan Kuta Tengah, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Medan.

Air terjun yang oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan nama Air Terjun Lau Lutih.

Air terjunnya terlihat seperti buih-buih air berbentuk putih melompat-lompat dengan teratur, mungkin karena hal itu disebutnya Air Terjun Lau Lutih (maaf bila d'mas pengembara salah mengartikan nama Lau Lutih) serta air terjunya memanjang seperti tirai.

"air-terjun-medan"
Berjalan Menuju Air Terjun Tanjung Raja. Selasa, 19 April 2016

Bahkan di Sumatra Utara sendiri terdapat banyak air terjun yang menawan dan cukup terkenal. Salah satu dari sekian banyak air terjun tersebut yaitu Air Terjun Sipiso-piso.

Keindahan alam Nusantara memang tak ada habisnya untuk di explore (jelajahi) apalagi tentang air terjun yang hampir diseluruh pulau-pulau di Nusantara ada dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Berbicara tentang air terjun tentu akan terbersit dibenak para saudara pengembara untuk mandi dan melepas lelah dibawah air terjun tersebut, yang seakan-akan badan dipijat oleh kelembutan air yang jatuh.

Air Terjun Tanjung Raja mampu mewujudkan harapan dan angan-angan akan hal itu, dikarenakan Air Terjun Tanjung Raja terbilang cukup pendek yaitu dengan ketinggian kurang lebih 5 sampai 6 meter saja dan dengan ketinggian itu cukup aman untuk mandi.

Kondisi airnya yang masih sangat jernih serta masih terdapat batu-batu besar sangat eksotis bila dijadikan sebagai obyek fotografi maupun sebagai beground foto.

"air-terjun-tanjung-raja"
Berjalan Naik Untuk Menuju Air Terjun Ke 2 (dua). Selasa, 19 April 2016

Meskipun bebatuan di dasar air tidak berlumut dan terasa kesat di telapak kaki tetapi, usahakan tetap berhati-hati ketika berjalan menuju ke air terjun ini dan berkeinginan berjalan keatas menuju ke air terjun yang kedua agar tidak terpeleset.

"Air sungai jernih beserta bebatuan besar!" Kesemuanya itu jarang dan mungkin tidak bisa kita temukan di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Karena perilaku masyarakatnya yang tidak bertanggung jawab, dengan membuang sampah limbah rumah tangga ke sungai sehingga mencemari air sungai.

"air-terjun-sumatra-utara"
Berjalan Ke Atas Untuk Menuju Air Terjun Yang Ke 2. Selasa, 19 April 2016

Sebenarnya Air Terjun Tanjung Raja ini belum di jadikan sebagai obyek wisata terlihat dari belum adanya fasilitas umum yang tersedia, seperti loket tiket masuk, ruang tempat ganti pakaian, warung, dan sebagainya.

Bahkan untuk tempat memarkirkan motor pun masih harus mencari tempat sendiri. Terimakasih buat para saudara biker's Lubuk Pakam yang dengan sabar menemani d'mas pengembara sampai kesini.

Tetapi karena lokasinya dekat dengan jalan raya mudah terlihat dan akan menjadi tempat pemberhentian yang mengasyikkan setelah lelah selama perjalanan wisata di Deli Serdang.

"tanjung-raja"
Tempat Parkir Air Terjun Tanjung Raja. Selasa, 19 April 2016

Bila para saudara pengembara berkeinginan mengunjungi Air Terjun Tanjung Raja ini maka d'mas pengembara sarankan agar mengunjunginya pada musim kemarau bukan pada musim penghujan.

Karena bila berkunjung pada musim penghujan kondisi airnya akan berwarna kecoklatan tidak sejernih ketika berkunjung pada musim kemarau serta tidak adanya tempat untuk berteduh dari air hujan.

Akan membuat para saudara pengembara tidak nyaman bila berkunjung pada musim penghujan.


Silahkan klik ikuti, jika saudara berkenan. Salam Paseduluran

0 Komentar

Profile, Nama, dan segala bentuk Link Aktif lainnya otomatis dimatikan jika berkomentar di sini. Maaf 🙏