Menikmati Pesona Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah sebuah pantai yang berada di Selatan Pulau Jawa, lebih tepatnya berada di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap, Kabupaten Cilacap Selatan, Jawa Tengah.

Dulu d'mas pengembara sendiri waktu kecil pernah bertanya-tanya kenapa Teluk Penyu apa banyak penyu nya? Mungkin ada sebagian dari pembaca juga berfikiran demikian.

Jadi menurut sejarah masyarakat lokal kenapa kok dinamai Teluk Penyu, di pantai ini dulunya banyak penyu-penyu berdatangan untuk bertelur dan berkembang biak.

Karena tidak adanya predator penyu, cuacanya yang sejuk, serta masyarakatnya tidak berburu penyu membuat penyu-penyu tersebut nyaman bertelur dan berkembang biak disini.

Dari situlah pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu karena banyaknya penyu-penyu di pinggir pantai kata saudara biker's yang tinggal di Kota Cilacap.

"teluk-penyu-cilacap"
Balik Touring Dari O KM Indonesia (Sabang) Singgah Di Cilacap. Sabtu, 30 September 2017.

Seiring dengan perkembangan zaman tidak hanya kapal-kapal kecil milik para nelayan tetapi, kapal-kapal besar pengangkut Minyak, Semen, dan Batu Bara, beroperasi di pantai ini serta lalu lintas lautnya menjadi padat membuat Penyu-Penyu tersebut bermigrasi ke Pulau Bali dan Pulau Lombok.

Sekarang para wisatawan lokal maupun mancanegara bila berlibur ketempat ini belum tentu bisa melihat ataupun menemukan satu ekor pun Penyu-Penyu liar dan bila ingin melihatnya harus ke penangkaran Penyu.

Pantai Teluk Penyu ini sangat terkenal di Kota Cilacap dan kota-kota sekitarnya.

Pantai Teluk Penyu ini juga memiliki kontur tanah landai dengan hamparan pasirnya yang luas bisa untuk berlari-larian, bermain pasir/membuat istana pasir, voly pantai dan sebagainya sangat cocok untuk liburan keluarga.

Lokasi pantainya juga tidak jauh dari pusat kota membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada musim liburan tiba.

Jalan menuju pantai ini juga sudah terbilang bagus, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi juga ada angkutan umum yang sampai kesini.

Harga tiket masuk ke Pantai Teluk Penyu ini juga terbilang sangat sangat murah yaitu sekitar Rp: 5.000,- rupiah saja per orang, serta tiket parkir Rp: 2.000,- untuk roda dua dan Rp: 10.000,- untuk roda empat.

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang indah di sekitar pantai juga terdapat banyak penjual makanan khas Jawa Tengah serta pernak pernik interior rumah yang terbuat dari keong. Mulai dari gantungan kunci, mainan kura-kura, tirai pintu, dan sebagainya.

"pantai-teluk-penyu"
Pintu Gerbang Masuk Kota Cilacap Dari Arah Barat. Sabtu, 30 September 2017.

Bila nanti anda berkunjung ke Pantai Teluk Penyu, anda juga bisa mengunjungi Situs Cagar Budaya Peninggalan Belanda yang berada di sisi sebelah utara pantai. Tidak jauh dari tulisan Pantai Teluk Penyu.

Yap...! Benar, yaitu Benteng Pendem beserta Pantai Pasir Putih yang berada di Pulau Nusakambangan.

Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan [Pulau Penjara/Alcatraznya Indonesia] kita bahas nanti di artikel berikutnya. Sepanjang Pantai Teluk Penyu ini juga terdapat beberapa beton-beton pemecah ombak yang dibuat menjorok ke laut.

Sebagian pengunjung mengunakanya untuk sekedar menikmati angin pantai, ada juga yang mengunakannya untuk tempat melompat saat mandi dipantai, dan beberapa pengunjung lain mengunakannya untuk tempat memancing ikan. 

Pantai Teluk Penyu ini juga digunakan oleh warga sekitar untuk prosesi sedekah laut, yaitu ungkapan rasa syukur para nelayan yang diadakan tiap tahunnya.

Dengan adanya agenda prosesi sedekah laut ini menarik perhatian banyak orang dan membuat banyak wisatawan dari luar Kota Cilacap berdatangan. Mereka ingin menyaksikan secara langsung prosesi sedekah laut tersebut.


Silahkan klik ikuti, jika saudara berkenan. Salam Paseduluran

0 Komentar

Profile, Nama, dan segala bentuk Link Aktif lainnya otomatis dimatikan jika berkomentar di sini. Maaf 🙏