Menikmati Keindahan Jembatan Kelok Sembilan Payakumbuh

Jalan Kelok 9 atau Kelok Sembilan ini di bangun pada masa Pemerintahan Hindia-Belanda antara tahun 1908 sampai tahun 1914 jalan ini meliuk melintasi bukit barisan yang memanjang dari utara ke selatan Pulau Sumatra.

Jika direntang lurus panjang Kelok Sembilan sepanjang 300 meter dengan lebar 5 meter serta tinggi sekitar 80 meter serta memiliki 4 jembatan sepanjang 959 meter dan jalan penunjang sepanjang 1.537 meter.

"jembatan-kelok-9"
Kelok Sembilan Dari Jalan Atas. Sabtu, 08 April 2017.

Kelok Sembilan adalah ruas jalan dan jembatan yang terletak 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh Sumatra Barat menuju Provinsi Riau.

Jalan ini membentang di Jorong Ulu Air Nagari Harau/Kenagarian Persiapan Ulu Air, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung lintas tengah Sumatra dan pantai timur Sumatra.

Jalan ini memiliki tikungan yang tajam serta berbatasan dengan jurang dan diapit oleh dua perbukitan diantara dua Cagar Alam (Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau).

"jembatan-kelok-9-payakumbuh"
Jembatan Kelok Sembilang Dari Tengah. Sabtu, 08 April 2017.

"kelok-sembilan-sumbar"
Panorama Kelok Sembilan Dari Atas. Sabtu, 08 April 2017.

Di Jalan Kelok sembilan yang lama diberlakukan buka tutup jalan untuk kendaraan besar dengan muatan. Meski demikian sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya nyawa.

Kecelakaan tersebut lebih sering diakibatkan terjatuhnya kendaraan kejurang karena jalan yang lama tidak dilengkapi dengan dinding pembatas jalan dan lintasan jalan yang terbilang sempit serta tikungan-tikungan tajam juga tidak adanya penerangan jalan dimalam hari.

Sedangkan pada malam hari dijalan menuju Kelok Sembilan ini sering turun kabut karena berada diantara perbukitan.

"jembatan-kelok-sembilan"
Potret Dari Jalan Lama. Rabu, 24 April 2017

Jembatan Kelok Sembilan merupakan salah satu ikon Provinsi Sumatra Barat dan menjadi tempat wisata ataupun sekedar untuk berswafoto ria.

Tapi, sekarang pesonanya rusak karena ulah tangan oknum tidak bertanggung jawab mencoret-coret dinding pembatas jembatan sehingga menjadi tidak sedap dipandang mata dan secara tidak langsung merusak citra kesantunan anak bangsa.

Seandainya pengen berkreasi "mbok ya" dimural sekalian, misal dengan tema bumi melayu ataupun sebagainya.

Lihat video Jembatan Kelok Sembilan dibawah ini_lihat versi web :



Silahkan klik ikuti, jika saudara berkenan. Salam Paseduluran

0 Komentar

Profile, Nama, dan segala bentuk Link Aktif lainnya otomatis dimatikan jika berkomentar di sini. Maaf 🙏