Masjid Raya Ar Rahman Rengat Indragiri Hulu

Di Indragiri Hulu (INHU) pernah berjaya sebuah kerajaan yang wilayah kekuasaannya begitu luas dan pernah mengalami beberapa kali perpindahan ibu kota.

Setelah perpindahan ibu kota Kerajaan Indragiri ke Rengat hingga beberapa puluh tahun, Kerajaan Indragiri tersebut tidak memiliki sebuah masjid sebagai tempat ibadah umat islam. Hal tersebut membuat raja merasa prihatin dan beinisiatif untuk membuat sebuah masjid di Rengat.

Masjid Raya Ar Rahman Rengat Indragiri Hulu (Inhu) terletak di Jln Hang Lekir, Kelurahan Kampung Besar Kota (Kambesko), Kecamatan Rengat, dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1/4 ha (seperempat hectare).

"masjid-indragiri-hulu"
Masjid Raya Ar Rahman Rengat Indragiri Hulu.

Satu masjid besar yang melambangkan kejayaan Kerajaan Indragiri kala itu adalah Masjid Raya Ar Rahman di Kecamatan, Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Riau.

Pada tahun ini 2023 memasuki usianya yang ke 228. Dari sumber yang d'mas pengembara peroleh, masjid yang memiliki dua me­nara itu dibangun sekitar tahun 1895 Masehi oleh adik ipar Sultan Ibrahim dengan biaya sendiri.

Masjid Ar Rahman memiliki daya tampung sebanyak 500 jemaah di dalam dan sebanyak 2000 jemaah di luar masjid. Bergaya arsitektur mirip dengan Masjid Demak.

Sejak berdiri hingga saat ini, sudah tiga kali dilakukan pemugaran yang lebih mengarah dan mirip dengan Masjid Demak. Proses pemugaran Masjid Raya Ar Rahman menyisahakan aslinya yaitu hanya pada mimbar khatib yang tidak berubah dan tetap asli dari sejak dibangun.


Silahkan klik ikuti, jika saudara berkenan. Salam Paseduluran

0 Komentar

Profile, Nama, dan segala bentuk Link Aktif lainnya otomatis dimatikan jika berkomentar di sini. Maaf 🙏