Menikmati Secangkir Kopi Di Tepi Pantai Bosur

Pantai Bosur merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang berada di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Pandan, Kota Sibolga.

Pantai ini terbentang dari kelurahan Lubuk Tuko hingga Kalangan, letaknya berada di kanan jalan arah Kota Padang Sidempuan dengan jarak tempuh kurang lebih 25 menit bila dari pusat Kota Sibolga.

Kota Sibolga sendiri dikenal sebagai Kota Wisata Sejuta Pesona maka, tidak mengherankan bila di Sibolga terdapat banyak tempat wisata bahari yang mempesona salah satunya adalah Pantai Bosur.

Lokasi sekitar pantai yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah disulap sedemikian rupa oleh pemerintah daerah, kemudian dijadikan sebagai tempat wisata baru dengan menggelontorkan dana milyaran rupiah karena dipandang memiliki potensi wisata yang menjual di Sibolga.

Sebelum berubah menjadi nama Pantai Bosur dulu dikenal dengan nama Pantai Kahona Kalangan oleh masyarakat sekitar tetapi, nama Pantai Kahona sudah lebih dulu ada dan dikenal oleh para wisatawan yaitu di Kecamatan Barus yang juga terletak di Kabupaten yang sama maka oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (PemKab TapTeng) digantilah menjadi nama Pantai Bosur.

Sedangkan nama Bosur sendiri merupakan singkatan dari kedua nama Bupati dan Wakil Bupati yang menjabat pada waktu itu.

Bupati yang menjabat pada waktu itu Bapak Raja Bonaran Situmeang dan Wakil Bupatinya bernama Bapak Sukran Tanjung.

Pada tanggal 24 agustus 2013 diresmikanlah tempat tersebut menjadi Pantai Bosur bukan lagi bernama Pantai Kahona Kalangan.

"pantai-sibolga"
Foto Payung Hias dan Lampu. Selasa, 26 April 2016

Maka jadilah Pantai Bosur tempat wisata pantai termuda di Sibolga pada waktu itu, meski termuda pantai ini mampu memikat kalangan kaum muda-mudi dan keluarga untuk mengunjunginya setelah tidak lagi menjadi tempat pembuangan sampah dan tertata dengan rapi.

Uang  milyaran rupiah yang digelontorkan Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi kawasan pantai seperti pembuatan gapura, area parkir kendaraan, dermaga, warung makan, tempat bermain anak, air mancur, jetski, banana boat, kamar mandi, dan mushola.

Jadi buat para saudara yang beragama muslim tidak perlu khawatir mencari tempat ibadah bila liburan ke pantai ini. Nama Pantai Bosur semakin hari semakin dikenal oleh para saudara pengembara baik dari pulau sumatra sendiri maupun dari luar pulau.

Dari pantai ini kita bisa melihat indahnya sunset yang terbenam, pergi kepulau sekitar dengan menaiki kapal dari dermaga yang ada, mengunjungi pantai sekitar dengan jetski, melihat pulau setungkus dari kejauhan, ataupun sekedar bermain-main dengan ombak.

Selain pantai banyak juga destinasi wisata lainnya yang terdapat di Sibolga dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, seperti wisata budaya, wisata sejarah, wisata pulau, wisata kuliner, dan wisata air terjun.

Bahkan wisata air terjun yang berada di Pulau Mursala pernah dijadikan syuting film King Kong oleh Peter Jackson pada tahun 2005 silam.

"pantai-sibolga"
Foto Ngopi Bareng Dulur Biker's Sibolga. Selasa, 26 April 2016

Tetapi nama Bosur pun tidak bertahan lama menjadi nama pantai tersebut karena selang beberapa tahun kemudian PemKab TapTeng merubah nama Pantai Bosur menjadi Pantai Indah Pandan (PIP).

Penggantian nama tersebut sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Bupati karena menindaklanjuti apresiasi dari masyarakat.

Maka dibuatlah nama plakat baru serta diresmikan langsung oleh Bupati yang menjabat pada waktu itu, yaitu Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati Bapak Darwin Sitompul pada tanggal 31 juli 2019.

Bila saudara para pengembara sampai dikota Sibolga dan hanya mengunjungi Pantai Indah Pandan saja (lokasi tidak jauh dari kota), itu sangat disayangkan karena masih banyak destinasi wisata lainnya yang juga indah dan siap memanjakan mata serta mengisi waktu liburan para saudara pengembara selama berada di Sibolga.

Sebagai contoh tempat-tempat wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi saat berada di Kota Sibolga antara lain :

  1. Pantai Ujung
  2. Tangga Seratus
  3. Pulau Putri
  4. Pulau Sarudik
  5. Pulau Mursala
  6. Pulau Pasir Putih
  7. Pulau Pocan Gadang
  8. Bukit Tor Simarbarimbing
  9. Desa Nelayan Tradisional Pasar Tarandam
  10. Benteng Portugis, dan masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya.
"pantai+bosur-sumatra-utara"
Foto Di Depan Restoran. Selasa, 26 April 2016

D'mas pengembara sampai ke Pantai Bosur ini ketika akan melanjutkan perjalanan ke Padang Sidempuan dengan ditemani oleh para saudara biker's dari Sibolga diajaklah menikmati kopi sebagai salam perpisahan ditepi Pantai Bosur sore itu.

Selang beberapa menit akhirnya turun hujan dan saudara biker's Sibolga menyarankan agar d'mas pengembara menunda perjalanannya.

Apalagi mereka melihat bahwa d'mas pengembara tidak mengenakan mantel (lebih tepatnya tidak membawa), ada saudara yang bilang jalan di depan tidak bagus juga berbatasan dengan jurang, akhirnya mereka mengajak d'mas pengembara putar balik dan mencari makan malam sebelum kembali kerumah.

Dengan kata lain mereka tidak mengizinkan seandainya d'mas pengembara melanjutkan perjalanan malam itu juga, terlebih d'mas pengembara belum mengetahui secara pasti jalur yang akan dilewati.

Setelah berfikir sejenak untuk mempertimbangkan saran mereka, akhirnya d'mas pengembara pun setuju untuk melanjutkan perjalanan esuk hari dan bermalam semalam lagi di Kota Sibolga.

Kota Sibolga dengan beragam suku dan agama tetapi hidup berdampingan dengan harmonis.


Silahkan klik ikuti, jika saudara berkenan. Salam Paseduluran

0 Komentar

Profile, Nama, dan segala bentuk Link Aktif lainnya otomatis dimatikan jika berkomentar di sini. Maaf 🙏